Iman Kepada Qadha Dan Qadar

Sebagai seorang muslim kita harus mempercayaai bahwa Allah swt telah menakdirkan segala sesuatu yang ada di dunia ini, Dialah yang maha bijaksana.
lorong

Allah swt telah menciptakan sebagian makhluknya menjadi orang kaya dan menjadikan sebagian lagi menjadi orang yang miskin, Allah swt juga menjadikan mereka ada yang sedang sakit dan sehat.

Selain itu, Dia juga menjadikan wajah makhluknya ada yang berwajah putih, hitam, coklat dan yang lainnya, memberikan anak laki-laki kepada seseorang danmemberikan anak anak perempuan pada orang lain, serta juga menjadikan sebagian yang lain tidak bisa memiliki keturunan.

Terkait dengan hal diatas, Allah swt telah berfirman dalam kitab suci Al-Qur'an dalam surah al-Qamar ayat 49, yang intinya Allah menciptakan sesuatu sesuai dengan kadar dan ukurannya,

Selain itu, sebagai sorang muslim yang bertaqwa juga memiliki kawajiban mempercayai atau mengimani bahwa Allah telah menciptakan semua ini dan menakdirkan semua hal sesuai dengan kodrat dan irodahnya.

Oleh karena itu, Allah swt pasti mengetahui bahwa sebagian manusia layak diberikan kekayaan, sebagian manusia layan untuk diberikan kemiskinan, menjadikan sebagian manusia menjadi orang yang sehat meskipun sehat dan selamat dari segala penyakit namun dia beramal sewenang-wenang dan meyebarkan  kerusakan di muka bumi.

Selain itu, ada juga yang telah diberi harta kekayaan oleh Allah, namun harta dan kekayaan yang dia dapat untuk melakukan kemaksiatan.

Allah swt telah berfirman dalam surah Ghafir ayat 60 yang menerangkan bahwa "berdoalah kepada Allah, niscaya doamu akan di kabulkan" Do'a ini bisa saja untuk menolak bencana, jika seseorang melafalkannya dengan tulus.

Hal yang sepantasnya kita lakukan adalah beriman kepada Qadha dan Qadar Allah, bekerja dan beramal dengan sebaik-baiknya, serta meminta pertolongan dan bantuan kepada Allah agar dapat beramal saleh.

Demikian seklumit tentang penjelasan rukun Iman kepada qadha dan qadarnya Allah swt, semoga dengan penjelasan sedikit yang mimin bagikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua khususnya kita sebagai orang muslim wajib mempercayai dan mengimani rukun iman ini

Post a Comment

Previous Post Next Post
close