Iman Kepada Hari Kiamat

Iman kepada hari akhir atau qiyamat merupakan suatu hal yang pokok dalam agama Islam, karena hal itu merupakan pembenaran kita terhadap kekuasaan Allah SWT untuk membangkitkan manusia dari kuburnya setelah mereka mati dan di kubur.
Hari Kiamat

Untuk membuktikan bahwa iman kepada hari akhir termasuk pokok bagi umat Islam, mimin ingin mencoba membedakan dua orang yang memiliki perbedaan dalam keimanannya, perhatikan perbedaan berikut ini
  1. Orang pertama tidak memiliki keimanan terhadap hari akhir, dan dia mengatakan bahwa dunia ini adalah akhir dari segala-galanya, tidak ada kebangkitan kembali setelah mati dan tidak ada perhitungan amal perbuatan setelah mati
  2. Orang kedua memiiki keimanan terhadap hari kiamat dan hari perhitungan amal yang dia lakukan selama hidup di dunia, dan dia mengatakan bahwa dunia adalah fase perjalanan manusia, sementara Allah akan membangkitkan dan menghisabnya setelah mati.
Dari kedua contoh diatas mimin akan coba menerangkan satu persatu, perhatikan keterangan berikut ini

Orang pertama yang tidak memiliki iman kepada hari kimat tentu dia akan melakukan apa saja yang membuatnya senang dan sesuai dengan kehendak nafsunya, sudah bisa dipastkan dia akan berbuat kerusakan di muka bumi karena untuk mendapatkan kesenangan dan keuntungan dari setiap detik dari kehidupannya.

Selama tidak dihisab, dia tidak akan takut sedikitpun kepada Allah, dari sini akan bertebarlah kerusakan di muka bumi ini.

Sedangkan untuk orang yang Kedua, dia akan selalu merasa takut kepada Allah, karena dia akan menghisab perbuatan baik dan buruknya, dengan demikian dia akan berusaha sungguh-sungguh untuk selalu beramal baik di dunia dan meninggalkan perbuatan-perbuatan buruk supaya tidak dihisab di sisi Allah atas perbuatan buruknya.

Dalil Yang Menerangkan Kekuasaan Allah Menghidupkan Manusia Setelah Mati


Dalil atau bukti bahwa Allah swt mampu membangkitkan seluruh makhluknya setelah Allah swt mencabut nyawanya terdapat dalam Surah Yasin ayat 78-83.

Dalam ayat tersebut Allah menjelaskan kekuasaan-Nya untuk kembali membangkitkan ciptaan-Nya.

Dan selama hanya Allah swt yang menciptakan pertama kali, maka dia pulalah yang mampu mengembalikan penciptaan untuk kedua kalinya, Allah memiliki sifat yang Maha tinggi karena dialah yang menciptakan seluruh alam.

Begitu pula pada pohon yang hijau dan segar karena disiram air, namun bisa berubah menjadi kering dan terbakar jika pohon tersebut di masukan ke dalam api, sedangkan zat yang mampu melakukan hal tersebut, mampu mendatangkan kehidupan setelah kematian.

Iman kepada hari akhir merupakan salah satu perkara penting yang dapat mengatur kehidupan dan menjamin kebahagiaan kita, karena jika kita beriman dan percaya akan adanya hari akhir dan hari perhitungan, maka kita akan bersungguh-sungguh untuk beramal saleh yang jauh dari kerusakan dan kemaksiatan.

Ketika semua hal diatas sudah terpenuhi dalam kehidupan manusia, maka akan dipastikan kehidupannya akan tentram dan bahagia.

Post a Comment

Previous Post Next Post
close