Iman Kepada Kitab-kitab Allah

Rukun Iman yang ketiga yaitu iman kepada Kitab-kitab Allah SWT merupakan unsur ketiga yang mendasari rukun iman, 
kitab al-qur'an

Setelah anda memahami unsur iman yang pertama taitu iman kepada Allah SWT dan unsur iman yang kedua yakni percaya akan adanya malaikat-malaikat Allah SWT, pada kesempatan ini mimin ingin melanjutkan pembahasan tentang unsur iman yang ketiga yaitu iman kepda kitab-kitab allah SWT.

Agar kepercayaan seorang muslim lebih sempurna, maka seorang mukmin harus yaqin dan percaya akan adanya kitab-kitab Allah yang telah diturunkan kepada para nabi-nabi Allah yang terdahulu.

Kitab-kitab Allah yang wajib di yakini oleh orang Islam akan keberadaannya berjumlah 4 (empat) kitab, dari keempat kitab tersebut Allah turunkan kepada Nabi-nabi yang termasuk dalam golongan ulul 'azmi.

Nabi Allah yang menerima kitab-kitab Allah dan juga termasuk kedalam golongan Ulul Azmi adalah Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Muhammad SAW.

Kitab-kitab Allah tersebut adalah Suhuf Ibrahim, Suhuf Musa dan Taurat, Kitab Zabur yang diturunkan kepada nabi Daud, kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa AS dan kitab Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalil yang menerangkan tentang penurunan kitab-kitab Allah kepada nabi terdahulu sangat banyak di jelaskan dalam Al-Qur'an, diantaranya adalah dalam surah Al-A'la ayat 18-19, surah al-Ma'idah ayat 44, surah an-Nisa ayat 163, surah al-Ma'idah ayat 46, surah Yusuf ayat 3, surah al-Baqarah ayat 285 dan surah an-Nisa ayat 136.

Urutan Kitab yang Harus Di ketahui


Berikut ini beberapa urutan kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para kekasih-Nya yaitu:
  • Untuk urutan kitab yang pertama adalah kitab Al-Qur'an
  • Sedangkan untuk kitab yang kedua adalah kitab Taurat, Injil dan Zabur dan
  • Kitab-kitab lain yang di turunkan kepada para nabi yang tidak diberitahukan kepada kita
Tauhid dan iman meupakan risalah seluruh Nabi, meskipun kitab-kitab tersebut telah mengalami perubahan dan pergantian akibat ulah manusia, namun wajib hukumnya bagi seorang muslim untuk mempercayai bahwa kitab-kitab tersebut diturunkan oleh Allah kepada rasul-rasul-Nya dengan tujuan untuk mengajak untuk mengesakan Allah pada masa hidup rsul-rsul tersebut.

Kemudian datanglah Al-Qur'an, kalamullah dan wahyu-Nya, sebuah kitab yang juga merupakan cahaya yang terang dan jelas  untuk menunjukan manusia kepada jalan yang lurus.

Menjadi hal yang sangat wajar bila seorang muslim mempercayai serta mengmani bahwa Al-Qur'an merupakan kalamullah, baik lafal maupun maknanya yang diturunkan melalui malaikat Jibril kepada Rasulullah, sedangkan yang namanya mushaf adalah sekumpulan ayat-ayat al-Qur'an.

Al-Qur'an terdiri dari 30 juz, suratnya berjumlah 114 surat terdiri dari 40 hizib, setiap hizib terdiriatas 4000, sedangkan jumlah ayat dalam al-Qur'an berjumlah 6.236, jumlah kalimatnya adalah 77.439, dan jumlah huruf dalam al-Qur'an adalah 340.740 huruf.



Post a Comment

Previous Post Next Post
close