Akhlak Terpuji Terhadap Tetangga Yang Harus Kita Ketahui

Tetangga adalah orang yang tempat tinggalnya berdekatan dengan rumah kita, Rasulullah saw bersabda bahwa orang lain bisa di kategorikan sebagai tetangga adalah orang yang rumahnya berjarak 40 rumah dari rumah kita, baik dari sisi kanan, kiri, belakang atau depan.
Akhlak bertetangga

Dalam bertetangga kita diwajibkan untuk selalu berhubungan dengan baik, bila kita terkena musibah, kita pasti akan membutuhkan bantuan orang yang terdekat untuk menolong kita dari musibah.

Oleh karena itu, kita harus membiasakan diri untuk bersikap baik, hormat dan santun kepada tetangga kita, agar nanti saat kita membutuhkan pertolongannya kita tak segan dan tak sungkan meminta bantuannya.

Kewajiban kita terhadap tetangga misalnya tidak saling menyaiti atau menyiksa, baik menyakiti yang berbentuk fisik maupun dalam bentuk perkataan, tetangga adalah saudara kita juga tentunya kita tidak mau meyakiti badan maupun perasaan saudara kita, bukan?

Selain itu, kita juga tidak diperbolehkan melampaui hak-hak yang dimiliki tetangga kita, misalnya dalam penggunaan lahan, jangan sampai kita menggunakan lahan mereka tanpa meminta ijin terlebih dahulu, apalagi secara diam-diam menggeser batas kepemilikian lahan.

Hal tersebut sama saja dengan mencuri. Benda apapun yang didapat dengan jalan mencuri atau mengambil hak orang lain makan barang tersebut tidak akan menjadi berguna.

Selain itu kita juga harus manjaga aib dan rahasia tetangga kita, jika kita kebetulan mengetahui rahasia atau aib tetangga kita, maka simpanlah dan jagalah jangan sampai tersebar atau anda sebarkan rahasia atau aib tersebut kepada orang lain.

Perbuatan menggunjing dan membuka aib orang lain merupakan perbuatan yang tercela, hal ini sudah di jelaskan dalam al-Qur'an surah al-Hujuraat ayat 12 yang mengumpamakan orang yang sukan berprasangka sebagai orang yang sukan memakan daging saudaranya sendiri.

Kita juga harus saling menjaga kenyamanan dalam kehidupan bertetangga, jangan sampai kita berbuat gaduh sampai menggangu tetangga kita juga harus menjaga agar lingkungan kita selalu bersih dan nyaman, oleh karena itu biasakanlah untuk bersama-sama menjaga kebersihan, misalnya dengan bergotong royong membersihkan lingkungan.

Hak-hak Dalam Bertetangga


Berikut ini hak-hak utama dalam bertetangga yang harus dipenuhi dalam kehidupan bertetangga yang rukun, aman dan nyaman.
  • Jika ia meminta pertolongan kepada kita maka tolonglah
  • Jika ia membutuhkan pinjaman kepada kita, maka pinjamilah
  • Jika ia sakit, maka jenguklah
  • Jika ia mendapat kebahagiaan, maka ucapkan selamat kepadanya
  • Jika ia mendapat musibah, maka hiburlah 
  • Jika ia wafat, maka antarkanlah jenajahnya
  • Jangan mendirikan bangunan yang terlalu tinggi, sehingga menghalangi masuknya angin dan matahari, kecuali dengan seizinnya
  • Jika membuat masakan yang harum baunya, maka kirimkanlah untuknya
  • Jika membeli buah-buahan, berilah dia, jika tidak mau anda beri maka bawalah masuk tanpa sepengetahuannya
Demikian yang dapat mimin jelaskan terkait akhlak terhadap tetangga yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga pembahasan ini bermanfaat

Post a Comment

Previous Post Next Post
close