Akhlak Terpuji Kepada Sahabat Atau Teman

Sahabat adalah teman baik yang dapat kita percaya sebagai tempat curahan hati, selain itu seorang  sahabat biasanya memiliki kesamaan dan kecocokan dalam hal sifat, kesukaan ataupun minat dengan kita.
akhlak kepada sahabat

Dalam menjaga hubungan dengan sahabat, kita tidak boleh sombong, kita harus bersikap rendah hati, sikap ini sangat diperlukan agar kita tidak melukai hati dan perasaan sahabat sekaligus untuk menjga persahabat agar tetap langgeng.

Selain itu antara kita dengan sahabat juga seharusnya saling menyayangi satu sama lain, perasaan yang tumbuh karena hubungan baik dan saling ketergantungan, kita sayang kepada sahabat karena ia menjadi orang yang setia pada kita dan bersedia menerima kita apa adanya, begitupun sebaliknya kita harus menerima sahabat kita dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Hal ini disebutkan dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Bukhori, bahwa kita dan sahabat layaknya satu badan, jika salah satu anggota tubuh mengalami sakit atau nyeri, maka anggota badan yang lain pasti akan turut merasakan rasa sakit itu.

Oleh karena itu, jika sahabat kita sedang sakit, kita harus menjenguknya, jika ia sedang sedih kita harus menghiburnya, jika ia sedang bingung kita harus dapat menjadi tempatnya bertanya dan dimintai pendapatnya, kita juga harus dapat menjadi tempatnya berlindung.

Selain itu, jika suatu waktu ia melakukan keburukan, kitapun harus bisa mengingatkannya untuk berhenti melakukan keburukan itu, sebagai shabat kita wajib saling mengingatkan dalam segala hal, tentunya kita juga harus menjaga perkataan kita, agar maksud baik kita dapat sampai tanpa membuatnya tersinggung, sahabat juga wajib saling menasehati.

Sebagai sahabat yang baik, kita harus dapat membantu sahabat kita jika ia mengalami kesusahan, seperti dalam sabda Nabi Muhammad saw yang mengatakan "barang siapa yang meringankan keperluan sahabatnya dalam urusan dunia, maka ia akan mendapatkan keringanan atas keperluannya di akhirat"

Saat sedang mengalami kesusahan pun tentunya kita ingin sahabat membantu kita, kita pun tentunya tidak akan sungkan memminta bantuannya, karena itulah, sebagai sahabat kita harus saling tolong menolong dan mendukung satu sama lain.
sahabat sejati

Kewajiban lain yang harus kita lakukan dalam persahabatan adalah melindunginya dari berbagai gangguan, jika memungkinkan kita juga harus menjaga harta dan benda miliknya dari gangguan orang lain, mengenai hal ini kita tidak boleh hanya duduk menunggu ia meminta bantuan kita, jika kita mampu kita harus melakukan itu dengan kehendak kita sendiri.

Kewajiban terakhir kita terhadap sahabat adalah mendoakannya, tentunya kita selalu berharap yang terbaik untuk sahabat kita, maka sudah selayaknya kita mendoakannya demi segala hal yang terbaik untuknya.

demikianlah arti pentingnya seorang sahabat untuk kita, bahkan jika persahabatan sudah terjalin dengan baik dan eran untuk jangka waktu yang cukup panjang, seorang sahabat bukan lagi sekedar orang lain, melainkan sudah menjadi saudara dan keluarga kita sendiri.

Maka sudah selayaknya kita dan sahabat saling mengasihi, menyayangi, dan saling menghormati persahabatan yang sudah terjalin lama.

Post a Comment

Previous Post Next Post
close