Pengertian Wudhu Dan Rukun-rukun Yang Harus Terpenuhi

Sebagai umat Islam kata-kata wudhu tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, kata wudhu biasanya digunakan sebelum melakukan shalat, membaca al-Qur'an dan lain sebagainya.
pengertian wudhu

Walaupun kata wudhu sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun masih banyak diantara merekan yang belum mengetahui dan paham akan definisi dari wudhu dan rukun wudhu itu ada berapa,

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini mimin ingin menjelaskan tentang pengertian dan rukun-rukun wudhu yang sudah di tetapkan dan dijelaskan di dalam al-Qur'an dan ilmu fiqih.

Pengertian Wudhu


Pengertian wuduh secara bahasa adalah bersih dan indah, sedangkan menurut istilah wudhu adalah mengalirkan air pada anggota badan tertentu dengan diawali niat untuk menghilangkan hadas baik kecil ataupun besar.

Wudhu merupakan perkara yang wajib dilakukan sebelum melaksanakan ibadah, karena jika kita melakukan ibadah tanpa terlebih dahulu melakukan wudhu maka ibadahnya tidak akan sah, selain itu Allah swt merupakan dzat yang maha suci dan mencintai orang-orang yang melanggengkan bersuci atau mempunyai wudhu.

Dalam al-Qur'an sudah dijelaskan tentang kewajiban berwudhu bagi seorang muslim yang hendak melaksanakan ibadah shalat yakni dengan membasuh muka dan kedua lengan sampai siku, mengusap rambut kepala serta membasuh kedua kaki sampai mata kaki.

Setelah kita mengetahui tentang pengertian dari wudhu, selanjutnya adalah mengetahui rukun-rukun yang harus dilakukan dalam berwudhu

Rukun-rukun Wudhu


Rukun adalah suatu perkara yang harus dipenuhi atau dilakukan pada saat mengerjakan sesuatu, dengan demikian rukun wudhu adalah segala sesuatu yang harus dipenuhi saat melakukan wudhu, jika salah satu dari rukun tersebut tidak terpenuhi maka wudhunya tidak akan sah.

Untuk itu berikut ini beberapa rukun-rukun wudhu yang harus anda perhatikan dan penuhi dalam melaksanakan wudhu
  1. Rukun wudhu yang pertama adalah NIAT
  2. Membasuh muka dari kening sampai dagu, dan dari samping telinga kanan sampai telinga kiri
  3. Membasuh kedua tangan sampai siku
  4. Mengusap rambut kepala
  5. Membasuh kedua kaki sampai kedua mata kaki
  6. Tertib dalam membasuh anggota-anggota wudhu di mulai dari niat, membasuh muka, kedua tangan, mengusap rambut kepala dan membasuh kedua kaki
  7. Berkesinambungan (urut-urut) artinya saling bersambung saat melakukan berwudhu mulai dari awal sampai akhir tanpa adanya jeda waktu yang sangat panjang

Post a Comment

Previous Post Next Post
close