Pengertian Akhlak Dan Pembagiannya

Pengertian akhlak adalah perbuatan seseorang yang menjadi salah satu faktor yang menentukan derajat keislaman dan keimanan seseorang. selain itu akhlak juga bisa di artikan sebagai cerminan perbuatan seseorang atas baik-buruknya akidah dan syariah yang diyakininya.
akhlak

Demikian juga buruknya akhlak seseorang juga merupakan sebuah tanda akan buruknya pemahaman sesorang tersebut terhadap akidah dan syariah.

Pengertian Kata "Akhlak" merupakan bentuk jamak dari kata mufrod khuluq, yang berarti sebuah tingkah laku seseorang, perangai, atau tabiat. Singkatnya yang dimaksud dengan akhlak adalah tingkah laku atau sikap seseorang, terutama yang menyangkut sikap yang secara sepontan yang di wujudkan dalam tingkah laku dan perbuatan.

Berdasarkan sifatnya, akhlak dapat di golongkan menjadi dua golongan yaitu akhlak yang baik dan akhlak yang buruk. Baik buruknya akhlak di dasarkan pada sumber nilain Islam yaitu Al-Qur'an dan Hadis atau sunnah Rasul

Agama Islam sangat menuntut umatnya untuk menjadi umat yang memiliki akhlak yang baik, akhlak yang baik bukan hanya mengenai sifat yang terdapat dalam diri seseorang, melainkan juga cara seorang muslim memperlakukan semua hal di luar dirinya.

Oleh karena itu, di dalam Islam diatur banyak ketentuan tentang akhlak seseorang terhadap Allah SWT, dirinya sendiri, sesamanya, sampai terhadap lingkungannya termasuk tumbuhan, hewan, dan bumi tempat ia pijak.

Agama Islam mengatur hubungan antara manusia dengan Allah (Hablum Minallah) dan hubungan manusia dengan manusia (Hablum Minannaas).
akhlak terhadap sesama manusia

Seorang muslim yang beribadah dengan tekun tidak dianggap sempurna ibadahnya selama ia tidak berhubungan dengan baik dengan sesama manusia lainnya. Ini karena manusia tidak bisa melakukan segala sesuatunya dengan sendiri, seseorang manusia pasti membutuhkan manusia yang lainnya, karena tidak ada manusia yang hidup sendiri.

Terkait dengan hal diatas ini, Allah SWT telah berfirman dalam surat An-Nisa ayat 36 yaitu

surat An-Nisa ayat 36

Berkaitan dengan hal perilaku seorang muslim terhadap sesama manusia, dalam Al-Qur'an mengemukakan banyak rincan mengenai hal tersebut.

Petunjuk ini bukan hanya tertuju pada sifat-sifat yang dianjurkan untuk dimiliki dan di lakukan oleh seorang muslim,melainkan juga mengenai sifat-sifat yang dilarang. 

Pada umumnya, akhlak yang harus diperhatikan antara sesama manusia ini mencakup beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Akhlak kepada orang tua
  2. Akhlak kepada anak
  3. Akhlak kepada tetangga
  4. Akhlak kepada sahabat
  5. Akhlak kepada sesama muslim
  6. Akhlak kepda nonmuslim
Untuk lebih jelasnya akan mimin ulas satu persatu pada pertemuan selanjutnya, untuk pembahasan kali ini mimin cukupkan sampai disini dulu.

Jangan lupa jika ada keterangan yang kurang atau tidak sesuai dengan ajaran Agama Islam, tak usah ragu untuk membenarkan dan mengirimkan saran dan kritik kepada mimin, karena kita tahu bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini kecuali hanya sang maha sempurna Allah SWT

Post a Comment

Previous Post Next Post
close