Kisi-kisi Soal PAT Tematik Kelas 3 SD/MI Tahun 2022 Kurikulum 2013

Kisi-kisi Soal PAT Tematik Kelas 3 SD/MI Tahun 2022 Kurikulum 2013

Kisi-kisi Soal PAT Tematik Kelas 3 SD/MI Tahun 2022 Kurikulum 2013 - Kisi-kisi soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) merupakana program dalam menyusun sebuah soal yang akan di ujikan pada waktu akhir semester baik ganjil maupun semester genap.
Kisi-kisi Soal PAT Tematik Kelas 3 SD/MI
Pembuatan kisi-kisi soal PAT/UAS dan soal ulangan PAT/UAS ini akan di susun oleh masing-masing guru baik guru gelas ataupun guru mata pelajaran dengan memperhatikan beberapa ketentuan dalam penyusunan kisi-kisi dan soal yang akan di gunakan dalam PAT/UAS nanti.

Tujuan penyusunan kisi-kisi soal PAT/UAS dalam menyusun sebuah soal ujian adalah untuk menentukan sebuah ruang lingkup materi yang akan dijadikan sebuah soal ujian serta sebagai sebuah petunjuk dalam penulisan soal-soal ujian.

Manfaat yang diperoleh dari penyusunan kisi-kisi adalah dijadikan sebagai sebuah pedoman dalam menyusun dan menulis soal-soal ujian, selain itu dalam format yang ada dalam kisi-kisi tersebut memuat beberapa tabel yang berisi perincian materi dan nomor soal yang akan di gunakan dalam membuat soal.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) / Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) menjadi salah satu bentuk penilaian pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi dalam menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik di semester dua.

Di dalam PP Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, disebutkan bahwa penilaian untuk pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas tiga bentuk, yaitu
  • Penilaian hasil belajar oleh pendidik
  • Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan
  • Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
Setiap satuan pendidikan, selain wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Salah satu bentuk penilaian tersebut adalah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau disebut juga Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Oleh karena itu kisi-kisi soal ujian PAT/UAS dapat memberikan kemudahan bagi guru atau peserta didik dalam memberikan materi dan mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian bagi peserta didik.

Kisi-kisi Soal PAT Tematik Kelas 3 SD/MI 2022


Kisi-kisi soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang akan mimin bagikan ini merupakan kisi-kisi soal mata pelajaran Tematik untuk kelas 3 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022 yang terdiri dari 4 tema diantaranya adalah sebagai berikut
  • Tema 5 Cuaca 
Subtema 1 Keadaan Cuaca
Subtema 2 Perubahan Cuaca
Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia
Subtema 4 Cuaca, Musim, Dan Iklim
  • Tema 6 Energi Dan Perubahannya 
Subtema 1 Sumber Energi
Subtema 2 Perubahan Energi
Subtema 3 Energi Alternatif
Subtema 4 Penghematan Energi
  • Tema 7 Perkembangan Teknologi 
Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Subtema 2 Perkembangan Teknologi Produksi Sandang
Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi
Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
  • Tema 8 Praja Muda Karana 
Subtema 1 Aku Anggota Pramuka
Subtema 2 Aku Anak Mandiri Subtema
Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Subtema 4 Aku Suka Berkaraya

Untuk itu bagi rekan-rekan yang membutuhkan kisi-kisi soal Mapel tematik yang terdiri dari Tema 5, 6, 7, dan 8 kelas 3 SD/MI kurikulum 2013 semester 2 tahun pelajaran 2021-2022 baik untuk sekedar referensi atau untuk keperluan ujian, silahkan anda mengunduhnya pada tautan yang sudah mimin sediakan di bawah ini

Kisi-kisi PAT Tema 5, 6, 7, Dan 8 Kelas 3 SD/MI Semester 2

Untuk mengunduh kisi-kisi soal PAT Tematik silahkan anda klik tautan yang sudah mimin persiapkan berikut ini
  • Kisi-kisi Soal PAT Tema 5 Disini
  • Kisi-kisi Soal PAT Tema 6 Disini
  • Kisi-kisi Soal PAT Tema 7 Disini
  • Kisi-kisi Soal PAT Tema 8 Disini
Demikian yang dapat mimin sampaikan terkait dengan kisi-kisi soal PAT Tema 5, 6, 7, 8 semester 2 Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 tahun 2022 ini, semoga dengan adanya kisi-kisi ini bisa membantu rekan-rekan dalam menyusun sebuah soal ujian nanti
Load comments