Cara Daftar Dan Cek Kelulusan UKMPPG

Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi guru atau disingkat menjadi UKMPPG merupakan sebuah ujian yang dilakukan oleh peserta PPG yang sudah melakukan tahapan lokakarya atau tatap muka di kampus. Ujian tersebut merupakan ujian yang harus ditempuh oleh seluruh peserta PPG baik yang mengikuti PPG Prajabatan maupun dalam jabatan dan Gurdasus.
daftar dan cek kelulusan ukmppg

UKMPPG merupakan sebuah penentu bagi peserta PPG dari seluruh rangkaian PPG, sehingga layak ataupun tidaknya peserta PPG mendapatkan sertifikat pendidik akan ditentukan oleh hasil dari ujian tersebut.

Dalam UKMPPG ini terdapat 2 kategori mata uji, yaitu Uji Pengetahuan (UP) dan Uji Kinerja (UKIN), Uji Pengetahuan dilakukan secara online dan serentak di kampus-kampus yang menyelenggarakan PPG pada waktu dan tanggal yang sudah ditentukan.

Sedangkan Uji Kinerja (UKIN) dilaksanakan di sekolah mitra setelah peserta PPG menyelesaikan tahapan PPL , dan pada saat Uji Kinerja peserta akan di nilai secara langsung oleh penguji pada saat praktek mengajar di kelas.

Untuk bisa mengikuti Ujian UKMPPG tentu saja peserta PPG harus memenuhi persyaratannya yakni harus mengikuti lokakarya atau tatap muka secara langsung di kampus yang sudah di tentukan, persyaratan telah mengikuti lokakarya ini merupakan syarat mutlak bagi peserta PPG yang akan mengikuti UKMPPG, selain itu pada saat pendaftaran nanti peserta PPG akan diminta untuk mengunggah dokumen yang menyatakan bahwa peserta telah selesai mengikuti semua kegiatan PPG atau tahapan lokakarya.

Selain harus memenuhi persyaratan diatas, peserta PPG yang sudah tercatat menjadi peserta PPG aktif harus melakukan pendaftaran secara mandiri melalui laman ukmppg.risdikti.go.id, berikut ini tata cara melakukan pendaftaran mengikuti UKMPPG

Cara Daftar UKMPPG


Untuk bisa mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa PPG, peserta PPG harus mendaftarkan diri melalui website resminya yakni ukmppg.risdikti.go.id namun sebelum anda melakukan pendaftaran silahkan anda persiapkan dokumen pendukung lainnya yang nanti akan dibutuhkan pada saat pendaftaran, dokumen tersebut diantarana adalah sebagai berikut:

  1. Kartu Identitas (KTP/SIM)
  2. Pas Foto terbaru dengan warna begron merah
  3. Surat Keterangan telah menyelesaikan semua kegiatan atau tugas studi pada PPG yang telah ditanda tangani oleh pimpinan LPTK

  • Setelah semua dokumen pendukung sudah anda persiapkan, silahkan anda masuk ke situs yang sudah mimin sebutkan diatas atau anda bisa mengaksesnya di alamat berikut ukmppg.risdikti.go.id.
  • Setelah laman terbuka silahkan anda isi data diri anda dengan benar dan sesuai dengan KTP/SIM
  • Setelah itu silahkan anda unggah dokumen pendukung yang sudah anda persiapkan sebelumnya
  • Langkah selanjutnya silahkan anda cetak formulir pendaftaran
  • Selesai

Cara Melihat Pengumuman Kelulusan UKMPPG


Setelah anda berhasil menyelesaikan Ujian Pengetahuan dan Uji Kinerja, langkah selanjutnya adalah menunggu pengumuman kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG, untuk mengetahui apakah anda lulusa atau tidak silahkan anda langsung saja melihatnya, untuk caranya adalah sebgai berikut

  • Langkah pertama silahkan anda buka laman ukmppg.risdikti.go.id
  • Langkah selanjutnya silahkan anda buka menu "Cek kelulusan" yang berada di atas
  • Langkah berikutnya silahkan anda masukan No Daftar Ujian dan Tanggal Lahir anda 
  • Setelah semua terisi, slahkan anda klik "Lihat Status Kelulusan" perhatikan gambar berikut 
    daftar ukmppg
  • Selesai
Demikian yang dapat mimin sampaikan, semoga dengan adanya tutorial terkait cara daftar dan melihat pengumuman kelulusan UKMPPG ini bisa bermanfaat untuk kita semua khususnya bagi rekan-rekan yang telah menyelesaikan Ujian Kompetensi Mahasiswa PPG kemarin.

Post a Comment

Previous Post Next Post
close